Cara Mudah & Cepat Mengelola Blog WordPress

Cara Mudah, Cepat Membuat & Mengelola Blog WordPress Self Hosted/install sendiri. Kali ini kami akan memberikan Panduan Lengkap Cara Setting, Setup, Install dan Konfigurasi Self Hosted Blog WordPress.

Membuat dan mengelola Blog dengan mesin WordPress Self Hosted mempunyai beberapa kelebihan diantaranya akses penuh, total kustom dan juga pengaturan sesuai kebutuhan.

Dengan Self Hosted WordPress segalanya bisa kita atur dan sesuaikan untuk membuat Blog kita semakin menarik.

Persiapan Awal

Sebelum membuat dan mengelola Blog WordPress,kita perlu melakukan beberapa persiapan agar segala nya sesuai harapan. Mari lanjutkan pembahasannya.

Tahap sangat penting dalam membangun blog adalah mencari dan menentukan Niche atau bisa disebut juga Tema Blog yang akan di kelola. Hal ini penting karena ini adalah semacam peta perjalanan dari blog yang akan kita buat nanti nya.

Menjadi Blogger Idaman Manusia
Menjadi Blogger Idaman Manusia

Kecuali kalau tujuannya ngeblog adalah blog personal yang bertujuan untuk sekedar curhat atau tulisan harian saja.

Ketika membangun Blog untuk make money online menentukan tema atau Niche itu sangat penting. Dan masih berkaitan dengan Niche juga.. apalah Blog yang kita kembangkan nantinya adalah blog dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Ingat fokus ke bahasa Indonesia atau inggris ini penting, apalagi seperti saya informasikan sebelumnya. Kalau blog itu adalah murni blog make money online tentu saja blog dalam bahasa inggris akan jauh lebih inggris tapi butuh effort lebih banyak (kalau bahasa inggris kita pas2an)

Niche atau tema blog ini bisa kita gali dengan beberapa cara. Beberapa cara yang menjadi patokan yang biasa saya pakai dan gunakan kurang lebih ada 3 metode mencari niche blog

  1. Menggunakan Google Keywords Planner; ini adalah senjata utama para blogger. Karena dengan tool ini kita bisa membaca, trend dan berapa nilai nya ketika kita fokus make money dengan Blog kita.
  2. Menggunakan Google Trends; Google Trends adalah tools yang sangat berguna juga, karena dengan nya kita biså membaca dan melihat kebutuhan dari penggunaan internet
  3. Mencari Ide Niche Berdasarkan kegemaran, hobi dan atau passion kita; membuat blog jika blog yang kita buat sesuai dengan hobi tentu akan sangat menyenangkan. Misalnya hobi memelihara burung, bikin Blog tentang burung. Hobi memancing, membahas cara memancing dan alat kebutuhannya. Traveling dan Kuliner, bikin blog tentang hal itu, tentu akan menjadi semakin dan sangat menarik
Silahkan hentikan membaca artikel ini
dan mulai menentukan tema blog kalian.

Sudah ketemu? Kalau sudah ketemu mari kita menuju langkah selanjutnya.

Cara Pilih dan Pilah Sewa Hosting WordPress

Nah karena tutorial kali ini adalah tentang mengelola Self Hosted WordPress Blog maka mau nggak mau kita harus mencari atau langganan layanan hosting.

Tip Praktis ngeblog dengan WordPress
Tip Praktis ngeblog dengan WordPress

Ada banyak pilihan layanan hosting, mulai dari Shared Hosting, Reseller Hosting, VPS Hosting maupun Dedicated Hosting. Dari urutan penyebutan saya tadi kurang lebih dari paling murah ke paling mahal.

Tutorial kali ini akan kami fokuskan menggunakan layanan VPS Hosting murah meriah. Kenapa saya fokus ke VPS, karena kebetulan saya sedang make service ini dan harga VPS sekarang sudah jauh lebih murah. Dengan berlangganan 5$ sebulan kita sudah dapat server VPS dan siap kita pakai untuk 1-20 blog (tergantung trefik juga).

Dua layanan VPS yang saya rekomendasikan saat ini adalah VULTR dan Digital Ocean (DO). Layanan cepat dan fitur komplit.

Silahkan daftar dua layanan diatas, kedua layanan diatas berikut kelibihan yang bisa kalian dapatkan.

Layanan VPS VULTR

Dengan menggunakan layanan VULTR jika kalian daftar melalui Link VULTR saya ini, kalian akan dapat 20$ yang bisa kalian pakai untuk setup server. Monggo buruan promo terbatas

Layanan VPS DO

Sedangkan jika kalian menggunakan layanan VPS dari DO melalui Link DO saya ini, kalian akan langsung dapat kredit 10$ yang bisa kalian pakai untuk setup server juga.

Untuk amannya silahkan daftar keduanya dulu biar dapat kreditnya nanti baru kita praktek di satu server.

Hentikan Membaca artikel ini dan
silahkan daftar dan buat akun di VULR dan DO 
terlebih dahulu

Wowke sudah aktif kan di dua layanan itu, kita praktek dulu make yang DO. Silahkan login dulu ke DO. Kalau sudah cari menu Droplets dan Create Droplets.

Setting Server VPS DO Paling Murah
Setting Server VPS DO Paling Murah

Nanti akan tampil kurang lebih seperti ini dan setting DO nya ke paling hemat. Yang penting gunakan Servernya Ubuntu 16 yang 64bit, kemudian kasih RAM 512MB saja dan lokasi Server bisa milih dari daftar yang ada. Kalau sudah kemudian silahkan Create

Kalau sudah Create dan biar kalian dalam tahap belajar kelola Server VPS saran saya sekarang daftar satu layanan lagi. Namanya ServerPilot. Ini adalah salah satu layanan Kelola Server tinggal Klik2 begitu.

Untungnya ServerPilot ini Gratis 😉 Monggo Daftar dulu ServerPilotnya. Sudah selesai daftar. Silahkan login dan kemudian cari menu Connect Server seperti ini

Konek Server VPS via ServerPilot
Konek Server VPS via ServerPilot

Kalau sudah nanti tampil halaman ini dan isikan semua parameternya

Setting Server ServerPilot ke DO dengan mudah
Setting Server ServerPilot ke DO dengan mudah

IP Address adalah IP server VPS DO yang barusan kalian buat, Root Password (ini bisa kalian check di email dari DO). SFTP Password isikan sama dengan Root password.

Kalau sudah semua tekan KONEK (Connect to ServerPilot) dan biarkan Layanan bekerja dan tunggu sampai selesai.

Kalau sudah selesai nanti akan tampil menu seperti ini

Server DO sudah Konek ke ServerPilot
Server DO sudah Konek ke ServerPilot

Mudah bukan. Kebetulan di Skrinshut saya sudah ada App/website. Ini adalah contoh website saya yang saya kelola dengan DO.

Langkah selanjutnya adalah bikin Blog pertama di ServerPilot ini tapi eit nanti dulu. Ada Langkah Penting yang belum kita lewati. Apa itu?

Ya menentukan Nama Domain. Mari kita bahas menentukan nama domain dulu dan nanti lanjut ke setting servernya.

Menentukan Domain Blog WordPress

Domain adalah alamat dunia maya, alamat blog kita. Penting nggak penting kadang dan sering sekali kesuksesan sebuah blog berkat domainnya. Mulailah tentukan nama domain yang mau kalian pakai.

Kalau blog personal ya nama sendiri, misalnya jauhari.net seperti punya saya ini. IDEKeren.com seperti punya Afit Husni My LEGEND of LOL saya. Atau yang mudah di ingat seperti NGONOO.com. Silahkan cari.

Kalau blog kalian nanti berniche, ya cari nama2 sesuai nichenya. Blog memancing mungkin bisa cari ide domain mancing.com, mancingyuk.com, tipsmancing.com dan lain sebagainya.

Beli Domain dimana? Banyak sekali layanan beli domain, baik dibayar rupiah maupun dibayar dollar. Saya sendiri make dua layanan bule Uniregistry dan Name.com keduanya nyaman dan UI nya bagus. Kalau suruh milih saya tentu lebih memilih Uniregistry. Layanan super cepat dan manajemen domainnya LEVEL DEWA.

Sudah monggo order domain dulu.  Kalau sudah order domain, jangan lupa di setup sekalian IP address dari domainnya. Misalnya sudah beli WaniPerih.com masuk ke domain manajemen kemudian manage DNS dan masukkan alamat @ ke IP address dari Server DO yang sudah kalian bikin tadi.

Kalau sudah mari lanjut ke Setup ServerPilotnya.

Setting ServerPilot App

Di bagian Server kalian yang sudah dibikin tadi ada menu Create App dan nanti tampil UI seperti ini

Setting Apps di ServerPilot
Setting Apps di ServerPilot

Silahkan diisikan semua, poin penting pada bagian domain. Isikan domain kalian yang sudah dibeli tadi (WaniPerih.com) kemudian karena kita bikin Self Hosted WordPress centang WordPressnya di aktifkan kemudian isikan parameter dari WP nya tadi sampai komplit, hal penting, Password minimal 8 huruf. Silahkan diisikan yang unik dan tidak mudah ditebak

Kemudian pilih mau Runtime di PHP berapa? Manut default saja di PHP 7.0 dan klik Create App.

Selamat WordPress Blog kalian sudah akfit, silahkan dicek di Domain kalian nanti sudah terinstall WordPressnya. Silahkan atur2 dan masuk kehalaman Dashboardnya di domain.com/wp-admin dan masukkan username dan password yang tadi kalian buat.

Selanjutnya bagaimana?

Setelah sukses installasi dan sukses login, tentu saja bagian penting dari sebuah website atau blog adalah konten. Konten adalah penyebab blog kita dikenal. Buat konten yang berkualitas dan menjadi idaman pembaca. Buatlah konten2 yang akan membuat pengunjung betah di blog kita dan sangat menikmati dari setiap sajian tulisan, gambar, video yang kita berikut.

Berikan suatu yang spesial membuat blog WordPress
Berikan suatu yang spesial membuat blog WordPress

Sedikit saran untuk Blog baru yang dibangun dan sedang kembangkan fokuslah pada pengunjung dengan

  1. Memberikan Konten yang Aduhai
    Berikut ini beberapa hal yang patut dicoba untuk menghasilkan konten aduhai

    • Buat Kualitas yang Bagus, Berbeda dan Ramah Manusia dan Mesin Pencari. Hindari tulisan Copy Paste, mengambil gambar tanpa ijin, asal comat-comor tulisan orang.
    • Pembuat Pembaca Terlibat; melibatkan pembaca dalam tulisan diblog akan memancing pembaca untuk datang kembali. Jalin diskusi yang baik
    • Interaksi lewat media sosial; untuk meningkatkan brand blog kita, ada kalanya jalan sosial media baik dilakukan, Twitter, Facebook Pages, Instagram, YouTube
    • Rutin dan Ajek; menulis di blog tak hanya asal-asalan. Selain harus fokus juga perlu yang dinamakan Konsisten. Dengan konsisten memberikan tulisan-tulisan yang bagus. Pengunjung akan tambah betah dengan sajian kita
    • Belajar dan Selalu belajar; berkembang dan selalu berkembang untuk menghasilkan blog yang berkemajuan.
  2. Pilih Tema WordPress yang bagus
    Jangan lupakan Mobile
    Jangan lupakan Mobile

    Desain Blog tentu saja harus menyesuaikan dengan konten. Berikan dan kasih desain blog wordpress nya yang bagus dan ramah di mobile. Sekarang banyak sekali bisa kita download dan install tema wordpress. Yang gratisan pun tak kalah istimewa. Kalau ada dana Investasi ke Tema WordPress Premium juga layak di pertimbangkan.

Mungkin itu beberapa kiat dan tips membangun wordpress blog self hosted. Lain waktu kita sambung lagi.

MGNN151220161838

2 Replies to “Cara Mudah & Cepat Mengelola Blog WordPress”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *