Jadi saya mau menunjukkan Cara yang saya Tempuh untuk Downgrade dari iOS 12 Public Beta ke iOS 12 Tanpa Kehilangan Data sama sekali.

Metode ini, saya praktikken dan gunaken di iPhone 8 Plus yang mana saya gunakan sebagai Secondary Device sehari-hari. Kenapa saya menyebutnya sebagai Secondary Device bukannya Primary Device? Salah satu sebabmya keterbatasan (walaupun bagi beberapa orang justru bagus) dari iOS untuk kita Kustomisasi.

Nah selain hal diatas, ada alasan lainnya. Beberapa Layanan dan Aplikasi Bisnis yang saya gunakan bisa jalan NGEH di Android dan tidak begitu gesit di iOS dan bahkan belum tersedia di iOS, seperti layanan Mitra Bukalapak, Mita Tokopedia dan Aplikasi BRILink Mobile dan masih banyak lagi.

Ya jadi gini Cara Mudah dan Nyaman Downgrade dari iOS 12 Public Beta ke iOS 12.x

Masuk Mode Recovery dan DFU, iPhone buatan Apple tetep laris walaupun Mahal
Masuk Mode Recovery dan DFU, iPhone buatan Apple tetep laris walaupun Mahal

Sebagai catatan, metode ini saya gunakan di Apple iPhone 8 Plus, untuk iPhone lebih lama, metode masuk Recovery Mode sedikit berbeda, akan kami jabarkan ditulisan dibawahnya

  1. Pastikan iPhone kalian sudah terBackup, bisa Local Backup via iTunes (atau Aplikasi Backup seperti iAmazing) atau iCloud Backup (Kebetulan saya menggunakan metod iCloud Backup)
  2. Download file IPSW Terbaru, saya sarankan download via manual, jangan LIVE DOWNLOAD karena koneksi Indonesia yang begitu. Setelah file IPSW terdownload, kemudian amankan. Untuk Download situs rujukan download IPSW terbaru ada di IPSW.me (tautan disini)
  3. Kemudian langkah selanjutnya adalah, Sambungkan iPhone 8 Plus ke iTunes (bisa iTunes Windows maupun Mac) dengan Lightning Cable Original atau yang sudah dapat lisensi resmi dari Apple untuk menghindari error dalam perjalanannya (restore).
  4. Oiya jangan lupa, Hapus Profile Beta update di iPhone mu. Caranya masuk ke Settings > General > Profile dari iPhone 8 Plus dan kemudian Hapus Profile iOS 12 Public Beta.
  5. Untuk masuk ke Recovery Mode iPhone 8 Plus caranya Tekan Volume Up lanjut Volume Down kemudian tekan Side Button dan tahan sampai iPhone Restart dan keluar logo Apple, dan tetap tahan sampai keluar Gambar Colok ke iTunes.
  6. Kemudian di iTunes akan mengenali ada perangkat yang perlu di benerin (restore/update), Silahkan tekan menu Restore sambil menekan tombol Option di Mac atau Alt di Windows dan Pilih file IPSW yang sudah terdownload dan ikuti prosesnya, kemudian tunggu hingga proses selesai
  7. Setelah sukses Restore, nanti iPhone akan restart dan nanti akan kembali ke halaman pertama iPhone dimana ada pengaturan seperti iPhone baru. Nah, silahkan login dengan Apple ID yang sama. Setelah sukses login tinggal restore seperti biasa.
  8. Kalau kalian menggunakan Lokal Backup, nanti Otomatis iTunes akan deteksi dan akan memberikan pertanyaan mau di restore atau di setup as new device
  9. Selamat anda sudah sukses Downgrade dari iOS 12 Public Beta ke iOS 12

Kurang lebih demikian cara Downgrade dari iOS 12 Public Beta ke iOS 12. Jika masih menemukan kendala silahkan tinggalkan komentar dan mari kita diskusikan bersama.

Catatan dan Informasi Tambahan

Berikut ini cara dan step by step masuk Recovery, DFU di iPhone Xs Max, iPhone Xs, iPhone Xr, iPhone X, iPhone 8/8Plus, iPhone 7/7Plus, iPhone 6/6s Plus.

Cara Masuk ke DFU beragam iPhone

Cara masuk DFU di iPad, iPhone 6s dan lebih rendah, iPhone SE serta iPod touch

  1. Sambungkan perangkat dengan Kabel Lighting USB
  2. Tahan Home dan Lock Button bersamaan
  3. Setelah 8 detik, lepas Lock Button dan tetap tahan Home Button
    • Jika logo Apple yang muncul maka anda menekan Lock Button terlalu lama, silahkan ulangi dari awal.
  4. Perlu diingat pada mode DFU, layar tidak akan menampilkan apa-apa, tapi iTunes akan mendeteksi kalau ada Perangkat terhubung.

Cara Masuk DFU Untuk Perangkat iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

  1. Sambungkan perangkat dengan Kabel Lighting USB
  2. Tahan Home dan Side Button bersamaan
  3. Setelah 8 detik, lepas Side Button dan tetap tahan Home Button
    • Jika logo Apple yang muncul maka anda menekan Lock Button terlalu lama, silahkan ulangi dari awal.
  4. Perlu diingat pada mode DFU, layar tidak akan menampilkan apa-apa, tapi iTunes akan mendeteksi kalau ada Perangkat terhubung.

Cara Masuk DFU di iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max

  1. Sambungkan perangkat dengan Kabel Lighting USB
  2. Dengan Cepat Tekan Tombol Volume-Up
  3. Dengan Cepat Tekan Tombol Volume-Down
  4. Kemudian Tekan dan Tahan Side Button sampai Layar menjadi Gelap kemudian dengan cepat segera Tekan dan Tahan Volume Down secara bersamaan
  5. Setelah 5 Detik, segera lepas Side Button dan tetap tahan Volume Down Button.
    • Jika logo Apple yang muncul maka anda menekan Lock Button terlalu lama, silahkan ulangi dari awal.
  6. Anda akan sukses masuk Mode DFU ketika layar tidak akan menampilkan apa-apa, tapi iTunes akan mendeteksi kalau ada Perangkat terhubung.

Cara Keluar Mode DFU

Berikut ini cara keluar dari Mode DFU dan restart kembali perangkat iPhone anda seperti sedia kala

  • Untuk iPad, iPhone 6s kebawah, iPhone SE dan iPod touch: Cukup Tekan dan Tahan Home dan Lock Button sampai Device Reboot
  • Untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus: Tahan Side Button dan Volume Button sampai Device Reboot
  • Untuk iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan keluarga iPhone X (Xs Max, Xs, Xr): Dengan Cepat Tekan Volume Up dan Tekan Volume Down dan Tahan Side Button sampai Device Restart

Semoga bermanfaat

Published by Jauhari

Petani di @DesaPonjong Gunungkidul, belajar dan terus belajar. Mengelola beberapa Blog Personal. Suami Iva Fitria, Abahe Yashfa Jauhar dan Shaffiya Jauha. Pengendara Grand Livina dan Honda Vario Techno 150, SkyDrive, Pemilik Xiaomi Mi5 (OnePlus 5) dan Apple dan Apple iPhone SE (iPhone 8 Plus), Apple MBA dan PC i7

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.