Cara Mudah, Cepat, Cermat Menabung di Era Milenial, Jadi begini… Menabung, menyimpan uang/logam mulia/aset kertas dan lain sebagainya adalah salah satu metod dasyat untuk persiapan kebutuhan tak terduga kita.

Banyak Cara menabung, misalnya kita membatasi dana yang bisa di ambil di Rekening Bank (kalau menyimpan uang di Bank) kita, atau setelah kita gajian (kalau gajian) kita langsung sisihkan 50% atau paling tidak 20% untuk diambil atau di Transfer ke Rekening Khusus Tabungan.

Masih kesulitan juga? Memang Menabung itu membutuhkan Niatan Tulus dan Juga Kemauan Extrim agar supaya uang yang sudah terlanjur masuk tabungan tidak di otak-atik dan tetap nyaman disana sampai waktu benar-benar sangat diperlukan.

Nah Agar kita bisa Sukses Menabung, hal tak kalah penting adalah Target. Misalnya saya ingin menabung 200 Juta untuk Beli/Membangun Rumah ukuran sekian di lokasi itu. Saya ingin menabung 300 Juta untuk Beli Kendaraan Mitsubishi Xpander Ultimate. Saya mau menabung 500 Juta untuk biaya Sekolah Anak ke Luar Negeri dan lain sebagainya.

Menabung yang Tak Kalah Penting adalah Ajek dan Konsisten
Menabung yang Tak Kalah Penting adalah Ajek dan Konsisten

Dengan memberikan Tujuan Menabung tadi, ketika kita ada keinginan jahat untuk mengambil, niat itu akan dengan mudah kita urungkan, mengingat kita masih memiliki tujuan mulai dari Kenapa Kita Menabung tadi.

@pakdhw

Sebenarnya, selain kita menabung dengan metode memindahkan dana, kita juga bisa menabung dengan hal-hal dan cara lainnya, misalnya

Menabung Dalam Bentuk Emas

Menabung dalam Bentuk Emas
Menabung dalam Bentuk Emas

Menabung dalam Bentuk Emas, juga merupakan cara cerdas, karena nilainya yang relatif selalu naik dan relatif lebih tahan terhadap goncangan inflasi. Ada dua metode menabung dalam bentuk emas ini, emas fisik dan emas digital.

Emas Fisik, kita langsung OTW ke Toko Emas seperti yang biasa dilakukan Saudara Saya Mas Taufiq Hasan dari LEISURIAN.com dan beli Emas Batangan ANTAM dan kita simpan di rumah atau titipkan di Bank Lewat Safety Box atau Brankas, atau metode Emas Digital melalui layanan Online berbasis aplikasi, seperti BukaLapak, Tokopedia, Emas dan lain sebagainya.

Ada juga Menabung Dalam Bentuk Emas yang sangat Klasik, Caranya kita membelikan Istri atau Anak Kita perhiasan-perhiasan yang disukainya dan biarkan dia pakai, dan kalau ada kebutuhan mendesak kita bisa jual perhiasan itu.

Sekedar Catatan, menabung dalam Bentuk Emas bukanlah Solusi Investasi Jangka Pendek, tapi bisa dibilang Jangka Menengah dan Panjang. Jadi jangan berharap akan dapat Return yang besar dalam waktu yang Pendek.

Menabung Dalam Bentuk Reksadana

Ada banyak cara Menabung dalam bentuk Reksadana, saya sendiri lebih suka dengan Aplikasi seperti Bukalapak dan Tokopedia juga, dengan kedua Aplikasi ini, saya bisa atur untuk Otomatis Membeli Reksadana yang kita tentukan nilainya dan juga waktu belinya.

Di Indonesia banyak Sekali Reksadana, dari yang Umum dan Syariah, silahkan pilih yang Terbaik menurut kalian, karena semua kembali ke pilihan masing-masing.

Menabung Dalam Bentuk Tanah/Bangunan

Metode ini termasuk Metode Kuno dan Terdasyat, karena sampai sekarang bisa dibilang Menabung Metode ini tetep terbaik, akan tetapi memang kita membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Menariknya Metode menabung dengan Membeli Aset berupa Bangunan maupun Tanah ini nilainya bisa dibilang tidak akan berkurang. Harganya dari tahun ke tahun juga akan selalu mengalami kenaikan, walaupun besarnya selalu berbeda-beda.

Apalagi jika kita bisa memilih lokasi yang strategis, harganya sangat mudah dan cepat naik.

Menabung Dalam Bentuk Saham

Saya sendiri masih belajar tentang Menabung dalam Bentuk Saham, jadi belum bisa memberikan Clue2 menarik tentang metode ini.

Menabung Dalam Bentuk Bisnis

Nah kalau ini, wajib kalian coba dan kerjakan, Menabung Dalam Bentuk Bisnis ini sebenarnya memang tidak 100 persen kita menabung tapi kita memutarkan uang kita untuk sebuah Unit Usaha dengan harapan kita akan memiliki pemasukan Rutin yang mana kedepannya akan selalu memberikan pemasukan keuangan hampir tak terbatas.

Banyak orang yang tidak memiliki keberanian untuk terjun dalam Bisnis, dan asik masyuk sebagai Karyawan Kantoran yang masuk tiap hari kecuali hari libur dan mendapatkan gaji bulanan. Walaupun Metod mencari rejeki seperti itu juga tidak salah. Tapi membangun Bisnis adalah salah satu cara yang patut kalian coba juga.

Menabung Dengan Metod Investasi

Nah ini sedikit ribet dan asal menerjemahkan saja, jadi intinya, saya sedang mencoba beberapa aplikasi Fintech yang sedang marak dan mencoba berInvestasi disana, ada banyak usaha yang siap dan mau diajak kerjasama, kita bisa latihan investasi dengannya, modal untuk investasi juga tergolong rendah, mulai dengan 10.000 IDR kita bisa mulai berinvestasi lewat Fintech ini.

Itulah beberapa cara mudah dan cermat menabung di Era Digital ini, semoga bermanfaat dan Selamat Menabung

Sumber Foto

Published by Jauhari

Petani di @DesaPonjong Gunungkidul, belajar dan terus belajar. Mengelola beberapa Blog Personal. Suami Iva Fitria, Abahe Yashfa Jauhar dan Shaffiya Jauha. Pengendara Grand Livina dan Honda Vario Techno 150, SkyDrive, Pemilik Xiaomi Mi5 (OnePlus 5) dan Apple dan Apple iPhone SE (iPhone 8 Plus), Apple MBA dan PC i7

Join the Conversation

4 Comments

    1. Wah layak di Coba Hu.. Saya sementara kalau Reksadana via Tokopedia dan Bukalapak… make fitur AutoBuy saja… 🙂 mengenai penggunaan Bank Permata itu, apakah itu satu2nya Opsi Bank yang bisa dipake? Atau ada Bank lain yang bisa juga digunakan?

      Saya sedang cari yang buat Investasi Saham..

      1. Itu gabisa diganti kalau di IPotgo, harus pake Permata. Tp udah tinggal pake aj krn otomts dibuatkan.

        Enaknya nge bid sahamnya bisa kapan saja krn via semacam bot, ga perlu nunggu pasar buka.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.